Pengelolaan Keuangan Desa

Pada hari Senin 08 Oktober 2018 bertempat di Mandhala Saba Madya komplek Parasamya Bantul, Kasi Datun Kejari Bantul Hartana S.H. mewakili Kajari Bantul menjadi nara sumber dalam kegiatan "Bina Desa dalam rangka peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa".
 
Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul yang dibuka oleh Wakil Bupati Bantul yang diikuti oleh Camat, Lurah serta BPD se Kabupaten Bantul dengan dari Polres Bantul, Kejari Bantul dan Komisi A DPRD.
 
Dalam kesempatan tersebut Kasi Datun Hartana SH menyampaikan bahwa dalam rangka peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, salah satu inovasi Kejari Bantul dalam rangka berpartisipasi dalam pendampingan pemerintahan & pembangunan desa yaitu Program Jaksa Mitra Desa.
 
Program Jaksa Mitra Desa (JMD) dimaksudkan sebagai sarana sinergitas Jaksa dengan Pemerintah Desa untuk bersama-sama mewujudkan tata kelola pemerintahan dan keuangan desa yang baik. Salah satu pertimbangan dibentuknya JMD adalah meningkatnya alokasi Dana Desa setiap tahunnya yang merupakan kebijakan pemerintah pusat yang perlu pengawalan dan pengamanan.
Selain itu adanya potensi perbuatan melawan hukum yang dapat menimbulkan kerugian Negara dalam pengelolaan keuangan desa, sehingga institusi Kejaksaan dalam hal ini Kejari Bantul mempunyai tanggungjawab moral untuk mengawal dan mengamankan khususnya pengelolaan keuangan desa serta jalannya pembangunan desa pada umumya.
 
Pembentukan Jaksa Mitra Desa juga merupakan salah satu sarana penegakan hukum yang dilakukan dengan mengedepankan upaya-upaya preventif dengan melakukan pendampingan dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan dan keuangan desa.