Bantul – Selasa 6 Desember 2016 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sanden dilaksanakan Penyuluhan Hukum yang diikuti oleh para lurah dan perangkat desa se Kecamatan Sanden. Acara juga dihadiri oleh Bupati dan Kepala Inspektorat Kabupaten Bantul.

img-20161206-wa0007

img-20161206-wa0009

Kepala Kejaksaan Negeri Bantul (Ketut Sumedana, SH. MH) sebagai narasumber menyampaikan masalah pengelolaan anggaran desa agar terserap secara maksimal tanpa melanggar hukum serta terhindar dari pungli dalam melakukan pelayanan publik. Hal pokok yang harus diketahui dalam pengelolaan keuangan desa yaitu mengenai transparansi, akuntabilitas, tertib serta disiplin anggaran. Kendala yang terdapat pada pengelolaan anggaran desa ini karena kurangnya pemahaman mengenai Tupoksi serta perbedaan Tipologi masing-masing desa sehingga banyak penggunaan anggaran yang tidak tepat sasaran, tepat guna dan tepat waktu.

Dalam kesempatan ini juga Kajari mengutarakan bahwa salahsatu cara mengatasi kendala tersebut adalah dengan mengajukan permohonan legal opinion kepada Kejaksaan Negeri Bantul karena Kejari Bantul memiliki program dalam pelayanan publik mengenai hukum, Jaksa Masuk Desa serta TP4D.