Kejaksaan Negeri Bantul
SAMBUTAN

SAMBUTAN KEPALA KEJAKSAAN NEGERI BANTUL.

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KEJAKSAAN NEGERI BANTUL.

Assalamu’alaikum, Wr, Wb,

Salam Sejahtera untuk kita semua,

Om Swastiastu,

Pada hakekatnya kebutuhan akan Teknologi Informasi merupakan hal yang mutlak bagi institusi Kejaksaan. Dalam rangka merespon kebutuhan, tuntutan, dan harapan masyarakat terhadap optimalisasi pelayanan di Kejaksaan Negeri Bantul.

Pada kesempatan ini Kejaksaan Negeri Bantul mempersembahkan “RUMAH ?RAMAH ?HUKUM” ?sebagai upaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan Teknologi Informasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang penegakan hukum yang tidak saja berbasis Teknologi Informasi, juga berbasis riil / murni yaitu pelayanan yaitu :

  1. ?Adanya pengaduan / laporan / konsultasi Hukum berbasis Teknologi Informasi melalui layanan?website kejari-bantul.go.id dan call center Kejaksaan Negeri Bantul (0274) 367427 Ext. 108.
  2. Adanya jadwal sidang Tindak Pidana Umum dan Tindak Pidana Khusus yang dilaksanakan Kejaksaan Negeri Bantul untuk memudahkan masyarakat dalam layanan informasi jadwal persidangan.
  3. Adanya layanan pembayaran secara online ATM dan tunai untuk Biaya Perkara, Denda, Denda Tilang dan Uang Pengganti Pada Kejaksaan Negeri Bantul.
  4. Adanya layanan Delivery Barang Bukti dan layanan Delivery Tilang oleh Kejaksaan Negeri Bantul dengan fasilitas Ojek Kejaksaan Negeri Bantul.
  5. Adanya perpustakaan keliling yang menyediakan berbagai macam buku hukum?yang pelaksanaannya dilakukan?setiap kegiatan?Jaksa Masuk Desa dan Jaksa Masuk Sekolah.
  6. Untuk kenyamanan pencari informasi dan berita kami Juga menyediakan layanan press room yang dilengkapi dengan perangkat komputer dan fasilitas wifi??untuk meliput kegiatan-kegiatan di Kejaksaan Negeri Bantul, dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat luas.

Besar harapan kami Rumah Ramah Hukum ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya dan seluas-luasnya untuk kepentingan optimalisasi pelayanan masyarakat Kabupaten Bantul, dan apabila masih ada kekurangan, tentunya akan selalu kami tingkatkan seiring berjalannya waktu.

Atas perhatiannya kami sampaikan banyak terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum, Wr, Wb,

Om Santhi, Santhi, Santhi Om.

Bantul, Oktober 2016

 

 

 

LOGO KEJAKSAAN TERBARU

LOGO DAN MAKNANYA :

  • Bintang bersudut tiga
    Bintang adalah salah satu benda alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang tinggi letaknya dan memancarkan cahaya abadi. Sedangkan jumlah tiga buah merupakan pantulan dari Trapsila Adhyaksa sebagai landasan kejiwaan warga Adyaksa yang harus dihayati dan diamalkan.
  • Pedang
    Senjata pedang melambangkan kebenaran, senjata untuk membasmi kemungkaran/kebathilan dan kejahatan.
  • Timbangan
    Timbangan adalah lambang keadilan, keadilan yang diperoleh melalui keseimbangan antara suratan dan siratan rasa.
  • Padi dan Kapas
    Padi dan kapas melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran yang menjadi dambaan masyarakat.
  • Seloka Satya Adi Wicaksana
    Merupakan Trapsila Adhyaksa yang menjadi landasan jiwa dan raihan cita-cita setiap warga Adhyaksa dan mempunyai arti serta makna:

    • Satya : Kesetiaan yang bersumber pada rasa jujur, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, terhadap diri pribadi dan keluarga maupun kepada sesama manusia.
    • Adi : kesempurnaan dalam bertugas dan yang berunsur utama, bertanggungjawab baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, terhadap keluarga dan terhadap sesama manusia.
    • Wicaksana : Bijaksana dalam tutur-kata dan tingkah laku, khususnya dalam penerapan kekuasaan dan kewenangannya.

  • Makna tata warna

    • Warna kuning diartikan luhur, keluhuran makna yang dikandung dalam gambar/lukisan, keluhuran yang dijadikan cita-cita.
    • Warna hijau diberi arti tekun, ketekunan yang menjadi landasan pengejaran/pengraihan cita-cita.

    Sumber: Kepja No. 074/1978 dan Perja No. 018/A/J.A/08/2008

SEJARAH KEJAKSAAN NEGERI BANTUL.

Kejaksaan Negeri Bantul berdidi pada tahun 1965, berkantor di kompleks Parasamya Kabupaten Bantul, yang saat sekarang menjadi kantor Bupati Bantul, selanjutnya pada tahun yang sama kantor Kejaksaan Negeri Bantul pindah di Dusun Depok, Kelurahan Bantul, Kecamatan Bantul, yang saat ini menjadi Jl. Dewi Sartika.

foto.dok

Pada tahun 1974 kantor Kejaksaan Negeri Bantul pindah lagi di Dusun Jebugan Bantul, yang saat ini menjadi Jl.R.A. Kartini Bantul.

SANYO DIGITAL CAMERA SANYO DIGITAL CAMERA

Seiring dengan peristiwa gempa bumi pada tanggal 27 Mei 2006 gedung kantor Kejaksaan Negeri Bantul mengalami kerusakan berat mencapai 80% dan tidak dapat digunakan untuk kegiatan perkantoran.? Karena kegiatan perkantoran tetap harus berjalan maka Kejaksaan Negeri Bantul sementara pindah kantor di Dusun Pijenan Wijirejo Pandak Bantul

Peresmian

Samping kiri Teras Depan

Pada pertengahan tahun 2007 Kejaksaan Bantul melaksanakan pembangunan gedung baru dengan luas bangunan 1.185 m2. Gedung berlantai 2 tersebut diresmikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta Ibnu Haryadi, SH pada tanggal 11 Juni 2008