Bantul – Kamis 24 November 2016 Dalam rangka Hari PGRI, Ketua Peguyuban Kepala Sekolah SMP se kabupaten Bantul mengadakan penerangan hukum dg tema “Menuju Sekolah Bebas Pungli” Sebagai Narasumber Ketut Sumedana,SH.MH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Bantul.

img-20161125-wa0001

Dalam paparannya disampaikan beberapa ketentuan dan aturan yg bisa menjerat pelaku Pungli mulai dari teguran lisan sampai pada pidana penjara, disampaikan juga klasifikasi perbuatan pungli yg acapkali dilakukan di sekolah mulai dari siswa baru masuk sekolah, ulang tahun sekolah sampai pada pengambilan ijazah siswa tamat sekolah.

img-20161125-wa0000

Perbuatan pungli tanpa disadari dilakukan hampir setiap sekolah seolah2 merupakan kegiatan yg legal dengan memanfaatkan orang tua/ wali yg tergabung dlm komite sekolah dengan dalih sumbangan sukarela biasanya modus itu berlangsung terus menerus pihak sekolah beralasan kekurangan anggaran operasional, padahal faktanya banyak dana Boss, DAk dan APBD tidak terserap karen ketidakmampuan sekolah2 dalam menyusun anggaran per tahun.

Kegiatan ini sangat bermanfaat, untuk mendukung program pemerintah berkaitan dengan kebijakan dibidang hukum, sebagai langkah awal Kejari Bantul utk mencegah pungli di sekolah oleh karena pungli telah membebani ekonomi mayarakat dan memutus akses masyarakat untuk memberikan hak pendidikan kepada anak-anaknya.

Kejaksaan Negeri Bantul berharap kegiatan penerangan hukum mengenai pungli di sekolah ini nantinya akan dilaksanakan secara berkelanjutan dengan mengumpulkan para kepala sekolah SD (sederajat) dan SMA (sederajat) di kabupaten Bantul.